Skip navigation

Monthly Archives: December 2006

Ternyata asyik banget belajar bisnis langsung dari pelakunya. Ah, tapi jangan bayangkan para pebisnis ini berpakaian rapi, pakai jas dan dasi, keluar masuk gedung bertingkat, dengan mobil sedan mewahnya. Ini adalah grass-root businessman, yang tiap pagi lalu lalang dari kampung ke kampung termasuk juga di depan kosku. Mereka adalah trader hebat, meski tak pernah mengenyam teori sales dan marketing. Dengan pengetahuan advertising seadanya mereka mampu menarik konsumen hingga banyak yang akhirnya menjadi langganan tetapnya.
Read More »

Advertisements

Banyak orang bilang bahwa masa SMA adalah masa2 yang tak terlupakan. Pas sekali kliatannya dengan apa yang kurasakan. Bukan hanya karena efek pubertas yang seringkali disertai dengan tingkah2 anehnya, tetapi pada masa itulah juga banyak terjadi “turning point” dalam hidupku. Makin terbukalah pandanganku bahwa dunia memang tidak sesempit daun asam (lebih kecil dari daun kelor nich…).

Salah satu bukti kecil bahwa masa itu masih hinggap dalam ingatan adalah aku masih ingat dengan lagu2 yang dulu pernah diajarkan pas PENA (buat yang belom tau, PENA itu sebutan buat masa orientasi siswa baru di SMA 5, Pekan pEngenalaN Almamater, ga tau sekarang masih ada apa ga). Jadi, kalo dihitung2…ya…sekitar 6 tahun yang lalu lah. Ingatan ini masih sering muncul ketika ada sesuatu yang menjadi trigger untuk kemunculannya, seperti bunyi lagu aslinya, ato apa saja…
Read More »

Kedua istilah ini memang sudah tak asing lagi, namun masih menarik saja untuk dibahas. Orang2 Book Smart (BS) mendapat pengetahuan tentang apa yang akan dikerjakannya dari literatur buku, ato dari sekolah (school smart), dan sangat mementingkan masalah akademiknya (study oriented). Sebaliknya, orang2 Street Smart (SS)mendapatkan informasi dan pengetahuan langsung dari pengalaman yang dikerjakannya sehari2. Seorang trainer pernah menggambarkan, apabila ada dua orang dengan kedua tipe tersebut dibawa ke suatu tempat lalu dilepaskan tanpa bekal apa2, maka niscaya orang2 SS akan lebih cepat menemukan jalan pulang daripada orang2 BS. Jadi apakah orang2 SS akan selalu menang bila dibandingkan dengan orang2 BS?
Read More »

Salah satu dari sekian banyak kenangan yang masih aku ingat semasa SD dulu adalah kehebatan
dari guru2 yang mengajar. Aku bilang hebat karena biasanya beberapa mata pelajaran yang berbeda hanya diajarkan oleh satu orang guru saja. Hingga terkadang dalam satu hari, aku hanya diajar oleh guru yang itu-itu saja. Mungkin memang tak ada yang bisa menandingi kehebatan guru SD, sebab mata pelajaran yang diajarkan ternyata juga berasal dari bidang yang totally different. Mulai dari pelajaran bahasa, eksakta, hingga sosial. Wow…satu hal yang hampir tidak akan aku temui lagi di jenjang SMP, SMA, apalagi waktu kuliah.
Read More »

Pernah ga kamu ngerasa harus ngelakuin sesuatu padahal sebenarnya sama sekali ga kamu sukai. Beraat banget rasanya. Loh koq tau? Iya, abis pernah ngalamin sih… (TA-ku hehe… bapaknya baca ini g ya?…).
Read More »

(Lanjutan dari Masih ngantuk…)
Lambat laun kesadaranku dah mulai pulih. Huaahh….
Komputerku kelap-kelip, oh lupa dimatikan ternyata tadi malem abis ngerjain tugas.
Ini hari apa ya….
MasyaAllah ni kan hari kamis, ada kuliah yo….
Waaaa….dah setengah delapan kurang dikit lagi….
Mandi…mandi….cepetan….
Waduh….kamar mandinya masih dipake lagi…
Ah, biarin…..sikat gigi aja…trus cuci muka….beres deh….
Toh, mandi ga mandi wajahku tetep manis koq….(duh, sempet2nya narsis…)

Tapi, g sempat sholat dluha nih..
Ntar aja ah dikampus, moga2 sempet…
Read More »

Suatu hari aku terbangun dari tidur setelah mendengar suara lamat-lamat dari luar kos yang sepertinya lagi memanggil-manggil namaku. Kulirik jam di kamar, jam 7 lewat 10. Masih
setengah sadar kucoba ingat-ingat, pagi atau malam. Aku menoleh ke arah jendela di sebelah kiriku, tampak sinar matahari mencoba menembus tirai kamar yang kusam karena sudah lama tidak sempat aku bersihkan.

Ah, masih pagi… Ya…aku ingat. Rupanya aku kembali terlelap setelah sholat Subuh tadi. Nih, sarungnya masih kupakai.

Tapi, suara siapa tadi yang sepertinya memanggil-manggil namaku di luar? Kembali kupertajam pendengaranku, walau mata masih enggan untuk terbuka sepenuhnya.

“Fraann….. teeettt…..”

Loh, koq ada suara bel sepedanya?

“Fraann….. rotiii……”

Fiuuhh….ternyata tukang roti. Ngapain sih, roti koq ngembar-ngembarin namaku?

Sebuah tim sudah selayaknya dipandang sebagai satu tubuh. Kondisi setiap elemen yang ada di dalamnya akan saling mempengaruhi satu sama lain.

Setiap elemen pasti memiliki peran dan fungsinya masing-masing, sedikit atau banyak, sekarang atau yang akan datang, baik langsung maupun tidak langsung.

Ketika ada satu elemen yang memandang bahwa ada elemen lain tidak mempunyai manfaat apa-apa bagi tim, itu adalah awal kehancuran bagi tim tersebut. Selanjutnya akan timbul ketidakpercayaan, muncul peng-kutub-an, dan akhirnya perpecahan.
Read More »

Api dimana-mana…negeriku terbakar…

Tak puas hanya berada di atas tungku buat memanaskan makanan
Atau menyinari ruangan kala listrik padam
Api makin berani melalap ratusan hektar pepohonan
Read More »

Madura adalah nama salah satu pulau di Indonesia, yang sekaligus juga dijadikan sebutan bagi suku bangsa yang mendiaminya. Tanahnya kurang begitu subur, soalnya pulau ini ditakdirkan untuk tidak memiliki gunung berapi. Keadaan lingkungan yang semacam ini sedikit banyak juga berpengaruh pada karakter dasar penduduknya, yang cenderung keras dan pekerja keras. Kondisi ini juga memaksa masyarakat Madura untuk tidak hanya menggantungkan pada hasil tanah mereka sendiri, tetapi juga berusaha untuk bisa survive dengan cara merantau ke negeri lain di luar Madura. Sehingga wajarlah kalau orang-orang Madura hampir pasti selalu bisa ditemui di seluruh daerah di seantero tanah air.
Read More »